Jurnal Digital Marketing Dalam Usaha dan Berbagai Ilmu Penting di Dalamnya
Penerapan digital marketing saat ini bukanlah suatu hal yang main-main buktinya sudah banyak jurnal digital marketing yang membahasnya. Digital marketing memang telah mengambil alih kemudahan dalam dunia bisnis beberapa tahun terakhir. Sehingga penyebaran informasi produk maupun jasanya menjadi lebih optimal.
Dalam penerapan digital marketing ini tentu tidak boleh asal-asalan saja karena ada ilmu yang mendasari. Jadi Anda wajib mengenal ilmu-ilmu tersebut untuk pendalaman marketing yang maksimal.
Daftar Isi :
1 Rekomendasi jurnal digital marketing yang efektif1.1 1. Pengoptimalan SEO dalam digital marketing
1.2 2. Pemasaran menggunakan media sosial
1.3 3. Penggunaan media sosial untuk meningkatkan penjualan
1.4 4. Penggunaan digital marketing dan dampaknya
1.5 5. Keefektivitasan digital marketing dan juga tantangannya
1.6 6. Penjelasan mengenai digital marketing
2 Mengetahui ilmu penting dalam digital marketing
2.1 Ads strategy
2.2 Email marketing
2.3 Website
2.4 Instagram marketing
2.5 Facebook marketing
2.6 Personal branding
Rekomendasi jurnal digital marketing yang efektif
1. Pengoptimalan SEO dalam digital marketing
Jurnal pertama ini secara umum membahas mengenai pengoptimlana SEO dalam digital marketing. SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization yang banyak bekerja untuk kepentingan website perusahaannya. SEO ini adalah proses pengoptimalan pencarian dengan memanfaatkan kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa.
Sehingga ketika seseorang mengetikkan kata kunci terkait maka yang informasi mengenai produk Anda akan muncul pada urutan paling atas. Hal ini akan membuat kunjungan website menjadi meningkat lebih optimal. Dengan begitu pemasaran produknya bisa lebih banyak dari biasanya.
Jurnal ini membahas strategi khusus yang bisa Anda pakai untuk meningkatkan pencarian SEO untuk kenaikan ranking yang lebih baik.
2. Pemasaran menggunakan media sosial
Jurnal digital marketing terbaik kedua ini membahas penggunaan media sosial sebagai digital marketing dan juga kelebihan serta kekurangan ketika menggunakannya. Berisikan jenis platform atau media sosial apa saja yang bisa Anda pakai untuk memasarkan produk sesuai dengan jenis produknya.
Jurnal ini membahas dengan detail mengenai kekurangan dan kelebihan masing-masing platform ketika sudah dipilih sebagai tempat digital marketing-nya. Kemudian Anda juga bisa melihat hasil penelitian mengenai dampak yang ditimbulkan dalam digital marketing media sosial ini.
Untuk Anda yang berminat menggunakan sarana media sosial sebagai digital marketing, jurnal ini adalah pilihan yang tepat untuk bahan referensi.
Baca Juga : Begini Cara Kerja Konsep Digital Marketing Bagi Bisnis atau Usaha
3. Penggunaan media sosial untuk meningkatkan penjualan
Jurnal yang ketiga ini masih fokus dalam penggunaan media sosial dalam dunia marketing online. Hanya saja yang membedakan adalah tujuan akhir dari penelitiannya yakni dampaknya dengan peningkatan penjualan yang terjadi. Jurnal ini juga memberikan analisa yang mendalam mengenai peningkatan yang terjadi.
Berpakem pada tujuan dari digital marketing sendiri yang berguna untuk meningkatkan konsumen maka jurnal ini berusaha menggali kebenarannya dengan platform media sosial. Setiap peningkatan yang terjadi harus dilaporkan baik hanya berupa kunjungan maupun kegiatan pembelian pada platform terkait.
4. Penggunaan digital marketing dan dampaknya
Jurnal keempat ini fokus membahas mengenai penerapan digital marketing dan dampak yang diberikannya. Anda bisa belajar cukup banyak mengenai keuntungan-keuntungan yang didapatkan ketika menerapkan digital marketing ini. Namun bukan hanya dari sudut pandang ahli namun juga mencari alasan keuntungan untuk konsumennya.
Jadi sebagai pebisnis yang bagus selain memikirkan mengenai keuntungan dan dampak yang terjadi Anda juga harus mengenal tanggapan mengenai konsumennya. Mengingat konsumen adalah target utama yang akan menjadi faktor penentu laku tidaknya sebuah produknya.
5. Keefektivitasan digital marketing dan juga tantangannya
Referensi jurnal digital marketing yang kelima ini cocok untuk Anda yang ingin belajar mengenai keefektivitasan digital marketing untuk bisnis dan juga mengenal beberapa tantangan yang terkait. Bahasannya memang sedikit meluas dengan menyinggung beberapa indikator sebagai pembanding digital marketing dan marketing konvensional.
Anda juga bisa membaca dengan lengkap analisa dari beberapa contoh pemasaran digital yang telah berhasil dalam beberapa bidang untuk referensi. Analisanya terkait perbandingan angka penjualan dari penggunaan digital marketing dan konvensional yang sangat lengkap.
6. Penjelasan mengenai digital marketing
Jurnal terakhir yang tidak kalah menarik untuk Anda baca adalah berisikan tentang penjelasan lengkap khusus untuk digital marketing. Ada banyak tren masa kini yang mendukung penerapan dari digital marketing dan juga beberapa temuan baru untuk masa yang akan datang.
Anda bisa membaca secara lengkap proses tentang terjadinya digital marketing dan juga transisi zaman penggunaan internet. Analisa mengenai produk dan target melalui penjualan online dan juga penjelasan lain mengenai percobaan digital marketing di fase awal sampai yang terbaru.
Mengetahui ilmu penting dalam digital marketing
Dalam penerapan digital marketing ini ternyata Anda perlu mengetahui ilmu-ilmu khusus sebagai pendukungnya seperti di bawah ini:
• Ads strategy
Dalam penggunaan iklan atau Ads ternyata Anda wajib memiliki strategi khusus untuk menerapkannya. Pengiklanan tanpa strategi sama saja tidak akan memberikan dampak yang banyak untuk pengenalan produk maupun dalam penjualannya. Anda wajib belajar secara lengkap mengenai penggunaan iklan yang baik dan efektif.
Ketahui tentang pangsa pasar, waktu penayangan, berapa lama penayangan dan juga alur pemasaran digital untuk produknya. Ads dengan strategi yang tepat akan membuat modal Anda kembali dalam jumlah yang lebih banyak. Sementara untuk Ads yang akan dipilih harus sesuai dengan bisnisnya.
• Email marketing
Sesuai dengan namanya, marketing ini memanfaatkan penggunaan email untuk proses marketingnya. Biasanya pebisnis akan mengirimkan penawaran, promo atau katalog produk melalui email pelanggannya. Untuk hal ini memang sedikit merepotkan jika harus mengerjakannya secara manual.
Untuk itu Anda juga wajib menguasai teknik funneling marketing dan pembuatan daftar email pada pelanggan dengan otomatis. Anda wajib menyimpan data customer untuk memudahkan marketing ini, salah satunya adalah email.
• Website
Selain belalajar dengan download jurnal digital marketing, Anda ternyata bisa memilih marketing dengan website development. Biasanya ketika bahasannya tentang website Anda pasti sudah memikirkan ribetnya belajar desain dan coding untuk mendapatkan website yang menarik.
Namun untuk saat ini Anda tidak perlu kebingungan karena ada platform khusus dan gratis yang mampu menyediakan website untuk Anda. Bahkan ketika ingin desainnya lebih menarik cukup sediakan saja modal yang cukup dalam menyewa desainer website yang mumpuni.
• Instagram marketing
Anda juga bisa menggunakan media sosial seperti Instagram untuk marketing yang lebih praktis. Instagram merupakan jenis media sosial yang menggunakan foto dan video dengan caption sebagai pelengkapnya. Platform ini sangat cocok untuk menjual fashion dan makanan karena mampu menampilkan review yang lumayan lengkap.
Dalam Instagram sendiri juga menyediakan Ads yang bisa Anda pakai dengan biaya yang minim untuk memunculkan produk pada laman target dengan efektif. Maksimalkan pembuatan konten yang menarik dengan penjelasan yang jelas untuk menarik minat konsumennya.
• Facebook marketing
Laman media sosial kedua yang ramai pengguna adalah Facebook. Facebook sendiri lebih banyak mengenalkan tulisan dan foto produk yang minimal. Laman ini banyak dipakai untuk berjualan produk kesehatan, jual beli kendaraan dan juga produk kecantikan.
Sama dengan Instagram, Facebook juga memiliki Ads yang mampu membantu mengoptimalkan kunjungan akun oleh peminatnya.
• Personal branding
Terakhir yang perlu Anda bangun adalah personal branding baik untuk diri sendiri maupun tentang bisnis yang dijalankan. Buatlah bisnis dengan kemasan yang mencakup kebutuhan konsumen dan pangsa yang tepat sehingga mudah untuk diingat.
Itulah beberapa jurnal digital marketing dan juga ilmu untuk penerapan digital marketing yang perlu Anda pelajari. Semoga artikel Binggo ini bemanfaat.