Panduan Belajar Digital Marketing Untuk Pemula
Bagi Anda yang ingin belajar digital marketing tentunya wajib mengenal pengertian dari digital marketing itu sendiri. Digital marketing memiliki artian pemasaran sebuah jasa atau yang dilakukan menggunakan media digital. Tujuannya jelas untuk menjangkau pangsa internet yang lebih luas dibandingkan pangsa offline.
Ada beberapa istilah penting yang banyak digunakan dalam dunia digital marketing ini dan sekaligus digunakan sebagai teknik penggunaan digital marketingnya.
Daftar Isi :
1 Apa saja yang perlu diketahui saat belajar digital marketing?1.1 1. Cara Kerja Digital Marketing
1.2 2. Mempelajari digital marketing
2 Teknik digital marketing yang bisa digunakan
2.1 PPC (Pay Per Click)
2.2 Marketing Email
2.3 Content Marketing
2.4 SMM (Social Media Marketing)
2.5 SEO (Search Engine Optimization)
Apa saja yang perlu diketahui saat belajar digital marketing?
1. Cara Kerja Digital Marketing
Setelah mengenal digital marketing secara umum untuk pengertiannya selanjutnya yang perlu diketahui adalah cara kerja dari digital marketingnya. Sebenarnya jika dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara offline atau konvensional, digital marketing juga memiliki tujuan untuk memasarkan jasa dan produk pada konsumennya.
Hanya saja yang menjadi pembeda sebagai panduan belajar digital marketing adalah fokus media yang digunakan untuk pengenalan produk dan juga pemasarannya. Jika yang konvensional masih mengandalkan penggunaan brosur, banner dan koran namun yang bentuk digital ini menggunakan media sosial dan website kekinian.
Era yang serba modern ini sangat mendukung keberadaan pemasaran secara online ini dimana selain mempermudah proses pengenalan produknya, pemasaran online ini bisa dikenal lebih luas. Sebagai contohnya jika ada yang mengetikkan kata kunci yang melibatkan produk/jasa milik Anda maka semua layanan yang tersedia akan muncul.
Termasuk di dalamnya bisnis yang sedang Anda jalani. Fiturnya akan lengkap mulai dari spesifikasi produk sampai dengan kekurangan dan kelebihannya. Bahkan proses transaksi saat ini juga bisa diselesaikan secara online. Jadi cara yang seperti ini sangat dibutuhkan untuk kinerja bisnis yang sedang berlangsung.
2. Mempelajari digital marketing
Salah satu hal yang mendukung untuk membuat digital marketing sebagai pemasaran produk dan jasa adalah kemampuan seseorang dalam menulis. Konten tulisan yang menarik dengan isian perkenalan produk detail bisa menjadi pendukung sebuah produk dan jasa bisa dinikmati oleh konsumennya.
Namun jika belum memiliki kemampuan yang satu ini juga tidak perlu khawatir karena bisa dipelajari secara mandiri. Anda bisa membuka laman belajar digital marketing untuk pemula demi mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai pemanfaatan digital marketingnya.
Baca Juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan Makanan
Teknik digital marketing yang bisa digunakan
Dalam dunia digital marketing ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan konten yang sesuai dengan tujuan pemasarannya. Beberapa teknik ini memiliki pengertian dan karakteristik yang berbeda-beda seperti di bawah ini:
• PPC (Pay Per Click)
Teknik pertama yang bisa dipelajari adalah mengenai PPC atau Pay Per Click. Untuk yang satu ini bentuknya akan berupa iklan yang menguntungkan ketika ada pengunjung yang berminat untuk mampir atau mengeklik iklan yang telah dibuat. Itulah sebabnya mengapa banyak yang memilih menggunakan teknik ini karena lebih menguntungkan.
Untuk segi modal dalam pembuatan materi PPC tidak membutuhkan banyak anggaran untuk bisa mendapatkannya. Jadi Anda yang memiliki budget minim sangat direkomendasikan untuk mencoba PPC ini. Iklan yang satu ini lebih menarik minat untuk dikunjungi dibandingkan dengan model yang konvensional.
Bahkan untuk pembuatannya saat ini pengguna tidak perlu membuatnya dari nol karena bisa langsung bekerja sama dengan penyedia layanan iklan yang sudah terbukti keakuratannya. Penyedia layanan yang terkenal dan aman seperti Instagram, Facebook, Google dan Youtube. Sesuaikan saja dengan media yang biasa digunakan untuk memasarkan produk agar lebih optimal.
Maka jangan kaget jika banyak bertebaran periklanan produk dalam model konten yang dibuat semenarik mungkin dan ketika diklik pengguna akan dialihkan pada profil penyedia produk atau layanannya.
• Marketing Email
Cara belajar digital marketing berikutnya adalah menggunakan teknik Email Marketing. Sesuai dengan nama tekniknya dimana teknik yang satu ini menggunakan email sebagai bahan pengenalan dan juga pemasaran dari produknya. Kinerjanya adalah langsung mengirimkan email pada konsumen yang tertarik atau sedang membutuhkan produk dan jasa yang ditawarkan.
Jadi hanya ditujukan untuk orang-orang yang memiliki kemungkinan untuk membeli produk dan jasa tersebut. Bahkan dengan pemanfaatan marketing email ini Anda bisa langsung mendapatkan database pelanggan yang menyukai produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi bisa digunakan untuk pengenalan produk baru dikemudian hari.
Namun tentunya untuk proses pengelolaan email yang berjumlah ratusan ini membutuhkan alat khusus dan mustahil untuk diselesaikan secara manual. Ketika menggunakan marketing email ini harus diiringi dengan pengadaan tools pengelola email. Dengan begitu management list email yang masuk akan lebih terkontrol.
• Content Marketing
Teknik marketing berikutnya yang tidak kalah menarik untuk digunakan adalah content marketing. Sesuai dengan namanya teknik pemasaran ini memang menggunakan konten untuk proses pemasaran dan pengenalan produknya. Konten ini bisa dibuat dengan mudah sesuai dengan tema bisnis yang sedang dijalankan.
Dalam penggunaan content marketing ini ada tiga hal penting yang harus diperhatikan yakni pengamatan trafik kedatangan konsumen, peningkatan kepercayaan dan juga peningkatan penjualan. Tentunya dalam menggunakan tiga hal tersebut membutuhkan strategi yang tepat sasarannya.
Untuk pengadaan konten marketing ini memang harus mengedepankan pada unsur pembuatan tulisan promosi yang tepat. Kemudian bisa didukung dengan gambar produk dan juga kesesuaian audience yang didukung.
• SMM (Social Media Marketing)
Sesuai dengan namanya jenis teknik pemasaran yang satu ini memang menggunakan sosial media sebagai laman pengenalan produk beserta pemasarannya. Teknik yang satu ini dirasa lebih praktis dan efisien untuk digunakan bagi pengguna yang tidak mau repot membuka sebuah website.
Sosial media yang bisa digunakan cukup beragam bahkan bisa disesuaikan dengan jenis produk atau jasa yang dipasarkan. Jika dilihat secara sekilas seolah semua hal yang dibutuhkan sudah disediakan dengan lengkap. Mengingat begitu mudahnya membuka lapak pada sosial media membuat daya saingnya juga semakin meningkat untuk jenis produk atau jasa yang sejenis.
Namun untuk mengatasinya ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan proses marketing dengan memanfaatkan sosial media ini. Untuk penggunaan digital marketing yang lebih akurat perlulah melakukan riset terlebih dahulu mengenai beberapa hal yang berkaitan produknya.
Lakukan riset mengenai pangsa pasar atau selera pasarnya, target pasar dan juga besarnya persaingan produk yang akan dialami. Kemudian setelah mengetahui hasil dari analisis yang satu ini barulah bisa disesuaikan dengan platform media sosial mana yang lebih cocok.
• SEO (Search Engine Optimization)
SEO sendiri adalah salah satu teknik untuk mengoptimalkan proses pencarian pada mesin Google. Sehingga ketika kata kunci yang dibuat diketikkan pada mesin pencarian maka hasil yang didapatkan akan muncul pada halaman pertama. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna website untuk menaikkan kunjungannya.
Ada dua jenis SEO yang umum untuk digunakan yakni SEO Off Page dan SEO On Page. Meskipun membutuhkan proses yang lama dan dibangun dari awal namun ketika sudah berhasil maka hasilnya akan sangat memuaskan.
Itulah beberapa hal mengenai belajar digital marketing ala Binggo yang perlu diketahui untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki terutama lewat online marketing.