Strategi Digital Marketing Untuk Menarik Pelanggan
Ada beberapa strategi digital marketing yang wajib digunakan bahkan untuk bisnis skala kecil sekali pun. Digital marketing memang sudah menjadi cara kekinian yang cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan. Namun jika tidak disertai dengan strategi yang tepat maka prosesnya juga akan gagal.
Beberapa strategi ini berkaitan dengan platform media yang digunakan, konten pengenalan produk sampai dengan pemilihan pangsa pasar yang sesuai. Beberapa kriteria ini akan saling mendukung untuk menampilkan hasil trafik yang signifikan.
Daftar Isi :
1 Daftar 10 strategi digital marketing untuk bisnis1.1 1. Pembatasan platform
1.2 2. Gunakan media sosial untuk alat komunikasi
1.3 3. Bergabung dalam komunitas
1.4 4. Gunakan pencarian hastag yang menarik
1.5 5. Gunakan gambar otentik dan menarik
1.6 6. Konten yang bernilai
1.7 7. Konten yang otentik
1.8 8. Relasi media sosial yang mumpuni
1.9 9. Penarikan pelanggan yang potensial
1.10 10. Bangun brand awareness
Daftar 10 strategi digital marketing untuk bisnis
1. Pembatasan platform
Banyak yang tidak mengerti bahwa menggunakan terlalu banyak platform atau media sosial justru membuat penjualan dan pembangunan engagement bersama pelanggan menjadi lebih sulit. Inilah pentingnya dilakukan analisis kebutuhan audience dengan produk atau jasa yang akan ditawarkan.
Dengan fokus menggunakan beberapa platform atau media sosial saja Anda bisa lebih nyaman dan fokus dalam membangun eksistensi yang maksimal. Pengenalannya bisa lebih fokus dengan masa upload konten yang terjadwal setiap minggunya dengan jelas. Hal ini juga menjadi sebab lain mengapa banyaknya platform membuat bisnis menjadi kurang dikenal dengan baik.
2. Gunakan media sosial untuk alat komunikasi
Strategi digital marketing untuk menarik pelanggan kedua yang bisa dilakukan adalah menggunakan media sosial pilihan untuk alat komunikasi. Ada beberapa penjual yang memilih menggunakan sosial media hanya untuk mengupload konten jualan selebihnya proses transaksi menggunakan laman lainnya.
Namun cara yang seperti ini justru salah karena komunikasi antar penjual dan pembeli tidak terjalin dengan baik. Boleh saja digunakan untuk bisnis yang sudah besar namun dalam skala kecil biasakan untuk membalas komentar atau pesan yang diberikan oleh calon pembelinya. Hal ini akan membuat pelanggan baru menjadi lebih nyaman.
3. Bergabung dalam komunitas
Cara selanjutnya yang harus dilakukan adalah bergabung dengan komunitas pebisnis online untuk meningkatkan trafik kunjungan dan penjualan produknya. Dengan bergabung pada sebuah komunitas juga akan menyebabkan timbulnya komunikasi yang lebih baik karena bisa saling tukar pengalaman sesama penjual online.
Pebisnis skala kecil juga bisa mencari pengalaman dari pebisnis yang telah besar dan lancar dalam penjualannya. Wadah komunitas ini juga bisa digunakan untuk tanya jawab mengenai solusi yang didapatkan bahkan pengetahuan bisnis langsung bukan teori saja.
Baca Juga : Panduan Belajar Digital Marketing Untuk Pemula
4. Gunakan pencarian hastag yang menarik
Strategi digital marketing untuk menarik konsumen keempat yang bisa digunakan adalah pemilihan penggunaan hastag yang sesuai dengan produk namun lebih spesifik pada produk atau jasa yang ditawarkan. Saat ini penggunaan hastag sudah banyak digunakan untuk membuat pengenalan produknya semakin maksimal.
Jadi nantinya ketika seseorang mengeklik hastag yang dimaksud maka produk-produk yang dimaksud akan muncul dengan sendirinya. Hastag ini juga bisa digunakan untuk melacak secara lebih lanjut mengenai interaksi dengan pelanggannya. Jadi jangan lupa riset terlebih dahulu untuk mendapatkan hastag yang sesuai.
5. Gunakan gambar otentik dan menarik
Untuk menunjang bagusnya sebuah bisnis agar lebih menarik sebaiknya berikan gambar yang orisinal dan otentik untuk dipasang. Gambar ini harus melambangkan bisnis yang sedang dijalankan. Bukan hanya gambar untuk produk namun juga gambar lain yang mendukung dalam proses pembuatan promosi yang menarik.
Berikan pengantar promosi atau gambar-gambar yang komunikatif untuk membuat komunikasi dengan pelanggan agar lebih maksimal. Gambar ini juga bisa memberikan pengetahuan baru untuk pelanggan agar lebih tertarik untuk berkunjung ke situs yang dibangun tersebut.
6. Konten yang bernilai
Strategi digital marketing terbaik berikutnya yang bisa dilakukan adalah pengadaan konten yang bernilai. Cara yang efektif untuk penyeimbangan konten di dalam konten yang disediakan adalah pengadaan gambar produk dengan gambar informatif sehingga tidak membuat pengunjungnya menjadi bosan.
Jangan asal dalam mengunggah konten sebagai promosi bahkan pemilihan kalimat perkataannya juga harus diteliti ulang. Pemilihan kata ini harus memiliki pesan yang bisa diterima bagi customer-nya. Maka tak jarang jika banyak bahan promosi yang menggunakan pantun, quotes atau puisi untuk mempercantik penyajiannya.
Konten dengan isian nilai yang tinggi ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan SEO semakin baik. Penggunaan jasa influencer juga bisa menunjang dan membantu Anda dalam mendapatkan peluang bisnis yang efektif.
7. Konten yang otentik
Hal yang satu ini merupakan kunci utama dalam proses promosi yang dijalankan. Meskipun bisnis yang dijalankan masih dalam taraf kecil atau standar namun tidak boleh membuat konten yang asal-asalan. Pastikan semua komponen baik untuk penyajian gambar dan juga tulisan di dalamnya harus dibuat profesional.
Lakukan proses akurasi pada setiap konten yang dibuat sampai menemukan tipe konten yang pas di hati audiencenya. Hal ini mampu meningkatkan proses rangking pada SEO dan juga engagement yang lebih baik pada pengunjungnya. Para followers juga lebih mengenal dan dekat dengan bisnis yang diberikan.
8. Relasi media sosial yang mumpuni
Media sosial saat ini banyak digunakan untuk alat komunikasi yang murah dan efektif bagi penjual dan pembeli. Jadi sangat sayang jika keberadaan media sosial ini tidak digunakan dengan baik. Lakukan relasi yang lebih baik seperti mengajukan beberapa pertanyaan pada pelanggan secara terbuka.
Jangan menutup diri terhadap kritik dan saran yang diberikan oleh pelanggan terhadap produk maupun jasa yang diberikan. Kritik dan saran ini bisa digunakan untuk membenahi produk sesuai dengan keinginan pasar menjadi lebih baik lagi. Relasi media sosial ini menjadi lebih praktis untuk menjalin jaringan yang positif antara keduanya.
9. Penarikan pelanggan yang potensial
Langkah berikutnya yang menjadi strategi penting adalah penarikan pelanggan yang potensial. Untuk bisnis skala kecil atau yang baru saja dimulai penggunaan media sosial Facebook dan Instagram adalah platform yang tepat untuk memulai. Manfaatkan page pada Facebook untuk menarik pelanggan yang potensial pada jasa atau produk yang disediakan.
Ajak teman-teman dekat untuk meramaikan platform yang telah dibuat sebelum nantinya bisa lebih dikenal oleh pelanggan lain secara luas.
10. Bangun brand awareness
Langkah yang terakhir ini cukup konkret untuk dilakukan namun bisa memberikan dampak yang krusial dalam perkembangan bisnisnya. Langkah yang bisa dilakukan adalah membangun kepercayaan pada followers dan orang-orang yang tepat untuk mengenal produk atau jasa yang ditawarkan.
Gambarkan identitas mengenai brand yang dibangun dalam bentuk tulisan dan juga visual. Visual ini harus mewakili apa yang sebenarnya ingin diberikan pada konsumen melalui logo. Sementara untuk tulisan bisa berupa nama produk yang mudah dikenal dan mudah diterima dengan baik oleh konsumennya.
Jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam membuat logo brand ini tentu bukan menjadi masalah yang besar. Gunakan jasa dari penyedia brand logo untuk memaksimalkan hasil visual brand awareness dan juga penataan sosial media agar lebih menarik untuk dikunjungi.
Itulah beberapa hal penting mengenai strategi digital marketing yang bisa digunakan dalam bentuk bisnis di berbagai skala dari kecil hingga besar. Semoga artikel Binggo ini bermanfaat.